15 July 2019

Teknologi Tahan Banting Pada Mesin Yamaha

Teknologi Tahan Banting Pada Mesin Yamaha

Mungkin banyak di antara anda yang sering mendengar istilah Diasil silinder dan forged piston pada sepeda motor Yamaha. Namun mungkin ada di antara anda yang belum mengetahui apa maskud dari kedua istilah itu sebenarnya.  Berikut ini adalah penjelasannya:

Forged Piston

Piston jenis ini merupakan piston yang dibuat dari bahan besi yang ditempa. Kekuatannya diklaim jauh lebih tinggi dibandingkan piston konvensional yang dibuat dengan dara dicetak (cast) dan tentunya juga lebih ringan. Selain lebih kuat dan ringan, forged piston juga lebih tahan panas sehingga banyak digunakan pada mesin balap yang membutuhkan mesin kuat yang tahan digunakan pada putaran mesin yang ditinggi dalam waktu yang cukup lama selama balapan berlangsung.

Diasil Silinder

Diasil Silinder merupakan singkatan dari Die Aluminium Silicon. Material ini merupakan logam campuran antara alumunium dan silikon yang mempunyai kemampuan pendinginan yang lebih baik, namun bersifat keras dan tahan aus. Diasil silinder dibuat dengan proses die casting bukan dengan coated (diberi lapisan).

Diasil silinder juga diklaim lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan lapisan nikel, sehingga lebih mudah didaur ulang. Jadi, selain murah, teknologi ini juga membuat mesin jadi lebih beperforma, ringan,”dingin”, tidak berisik, awet, dan hemat pelumas. Keduanya (forged piston dan Diasil silinder) adalah pasangan sejati, tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Teknologi Forged Piston dan Diasil Silinder saat ini telah diaplikasikan di hampir seluruh sepeda motor terbaru produksi Yamaha.

Referensi: https://otomotif.kompas.com/read/2014/05/26/1731436/Teknologi.yang.Bikin.Skutik.Tahan.Banting